Belajar bahasa Inggris di era sekarang ini sangatlah mudah. Hampir setiap saat kita menemui kosakata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai di botol sabun, bungkus mie instan, menu di restoran/tempat makan, dan masih banyak lagi.


Belajar bahasa Inggris di era sekarang ini sangatlah mudah. Hampir setiap saat kita menemui kosakata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai di botol sabun, bungkus mie instan, menu di restoran/tempat makan, dan masih banyak lagi. Belum lagi kalau kita aktif di sosial media, begitu banyak kata dan ungkapan yang menggunakan bahasa Inggris. Akrab dengan kata-kata “follow”, “upload”, atau “posting”? Nah, itu kita sudah menggunakan bahasa Inggris! Jadi, aneh kalau kita masih berpikir bahwa menguasai bahasa Inggris itu susah.


Penguasaan Kosakata Sangat Penting
Seperti sudah disampaikan sebelumnya, kita bisa dengan mudah menemukan kosakata bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kita hanya perlu lebih memperhatikan arti dari kosakata yang sering kita dengar atau baca. Jika perlu, kita bisa mengecek arti dari kosakata baru tersebut di kamus. Jangan hanya mengikuti orang lain tetapi benar-benar tahu arti dan penggunaannya. Misal, ketika kita makan di sebuah tempat makan dan menunya menggunakan bahasa Inggris, tentunya kita perlu tahu apa arti dari beragam menu tersebut. Jangan sampai kita salah pesan makanan hanya karena kita tidak tahu artinya. Tak ada salahnya kita mengecek di kamus atau bertanya pada pramuniaga yang melayani. Anggap saja sambil menyelam minum air, sambil makan belajar bahasa Inggris.


Saat ini banyak sekali di antara kita yang memakai gawai (gadget) canggih, smartphone misalnya.  Sangat disarankan untuk mengganti bahasa pengantar gadget kita dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris agar kosakata bahasa Inggris kita bertambah banyak. Awalnya mungkin akan kesulitan untuk mengoperasikannya tetapi lama kelamaan akan menjadi biasa dan tanpa sadar kosakata bahasa Inggris kita bertambah. Yeay! Jangan lupa juga untuk tentunya meng-install kamus bahasa Inggris di smartphone kita. Setiap saat kita bisa mengecek arti dari kosakata yang belum kita ketahui hanya dengan menggerakkan jari-jari kita.


Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menambah kosakata bahasa Inggris. Mulai dari mendengarkan lagu, menonton film/serial, bermain games, membaca berita, atau menulis diari/jurnal harian yang semuanya menggunakan bahasa Inggris. Kita hanya tinggal memilih cara yang menurut kita paling mudah dan menyenangkan. Seorang teman dari Turki pernah bercerita bahwa kemampuan bahasa Inggrisnya meningkat hanya karena sering bermain games play station. Menyenangkan bukan?


Jadikan Kebiasaan
Sudah pernah dengar peribahasa “Alah bisa karena biasa.” Kurang lebih artinya adalah apabila suatu pekerjaan telah terbiasa dilakukan maka tidak akan terasa kesukarannya. Nah, begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Kita harus menjadikan proses belajar bahasa Inggris kita sebagai sebuah kebiasaan. Misalnya kita bisa memulai dengan membuat status/post di sosial media kita menggunakan bahasa Inggris, menulis diari dengan bahasa Inggris, atau merancang English Day dengan teman atau bahkan keluarga kita.


Belajar bersama komunitas lebih efektif. Jika kalian kesulitan belajar bahasa Inggris sendiri atau tidak menemukan teman sebagai partner mempraktikkan bahasa Inggris, carilah sebuah komunitas bahasa Inggris. Carilah komunitas di mana setiap anggotanya juga mempunyai komitmen yang sama untuk belajar bahasa Inggris. Komunitas yang aktivitas belajarnya menyenangkan dan menggunakan media-media belajar yang menarik. Selain itu, komunitas yang kita ikuti juga perlu mempunyai jadwal rutin untuk bertemu dan belajar setidaknya seminggu 3-4x agar kita terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.


Di Jogja English kita bisa mengikuti English Community berupa 4 English Club, yaitu Music Club, Speaking Club, Movie Lover Club, dan Grammar Corner. Dari nama club-nya saja kita sudah bisa membayangkan bahwa kegiatannya pasti seru dan beraneka ragam. Kita bisa belajar bahasa Inggris melalui media yang menyenangkan seperti lagu dan film. Selain itu kita juga bisa melatih kemampuan berbicara (speaking) dan tata bahasa (grammar) kita.  Kegiatan club-nya juga dilakukan 4x seminggu, sangat pas bagi kita yang ingin menjadikan bahasa Inggris sebagai kebiasaan. Jadi, tunggu apa lagi?

 

 

Informasi & Keterangan lebih lanjut:
 
JOGJA ENGLISH
Office & Campus
Jl. Kledokan IV Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta
 
Call/SMS/WA : 08562901718
Pin BB: 59B1DF1E
Line: jogjaenglish
FacebookJogja English
Twitter: @jogjaenglish
Instagram: jogjaenglish
Email: jogjaenglish@gmail.com



 

Komentar (0)

captcha